Sunday, June 22, 2014

Ketika Hidayah Allah Datang


 Ketika Hidayah Allah Datang

Seperti biasa, aku dan teman-teman rohisku sepulang sekolah selalu berkumpul untuk liqo’ bersama, yang dipimpin oleh murabbi kami, yaitu Mbak Novi. Karena hari ini kelasku pulang lebih awal, jadi aku pergi ke masjid sambil menunggu teman-teman yang lain. Hmmmm, kalau lagi sendiri seperti ini aku jadi ingat masa laluku sebelum aku menemukan indahnya islam dan iman… Pagi ini adalah hari pertama aku pergi ke sekolah yang selama ini tidak pernah aku bayangkan untuk ku masuki. Sebenarnya aku daftar ke sekolahku ini hanya untuk coba-coba saja, eh Alhmdulillah ya keterima. Senangnya hari ini aku bisa memakai seragam abu-abu putih yang selama ini aku tunggu-tunggu, kata orang sih masa SMA adalah masa yang paling mengesankan, dan hari ini aku akan memulai masa itu. Di hari ini juga aku akan menjadi pribadi yang berbeda dari hari-hari sebelumnya, yaitu dengan jilbab lebarku yang menjuntai hingga menutupi dada. Aku pandangi diriku dari ujung kaki sampai ujung kepala, hmmmm, akhirnya keinginanku untuk memakai jilbab tercapai juga.
Tiba-tiba hpku berbunyi, tebakanku benar. Ternyata pesan dari orang yang beberapa bulan terakhir ini selalu menemaniku dan mengisi hari-hariku. Yap benar, dia pacarku, Iqbal namanya. Dia juga yang selalu memberiku semangat agar aku memakai jilbab. Tapi belakangan ini hubungan kami agak renggang, karena mantan pacarnya kembali dari luar kota. Dan yang membuat aku kadang-kadang sedih itu, dia selalu membeda-bedakan aku dengan mantan pacarnya.
“Nisa, ayo cepat sarapan…” suara ibuku memanggilku untuk sarapan.
“iya bu, sebentar…”
“waaahh, anak kita cantik sekali ya yah pakai jilbab gitu?”
“iya bu, hmmmm, pasti deh nanti di sekolah baru banyak yang ngelirik…”
“ahhh, ayah sama ibu ini. Nisa jadi malu tau…”
Setelah sarapan aku segera berangkat ke sekolah dengan diantar ayah. Maklumlah, kan masih baru, jadi belum berani naik motor sendiri, hihihi.. sesampainya di sekolah aku langsung menuju kelasku yang ada di lantai 2, denger-denger sih nanti jadwalnya iklan ekskul, dan tidak ada MOS.
15 menit kemudian bel berbunyi, itu tandanya saatnya masuk ke kelas masing-masing. Tidak beberapa lama kakak-kakak OSIS datang dan membagikan angket ekskul ke kami sambil member pengarahan bahwa sebentar lagi akan ada iklan ekskul yang ada di sekolah ini. Setelah aku melihat daftarnya ada sekitar 20 lebih ekskul, “hmmm, pantes saja ekskulnya banyak! Namanya juga sekolah favorit” gumamku dalam hati.
Akhirnya pukul 11 iklan pun selesai, kami besok diminta untuk mengumpulkan angket tersebut setelah mendapat persetujuan dari orang tua masing-masing. Aku masih bingung harus ikut ekskul apa, setelah melalui banyak pertimbangan akhirnya aku memilih 3 ekskul, yang pertama yaitu English-club, yang ke 2 menari dan yang ketiga adalah SKI. Nama itu begitu asing di telingaku, dari info yang aku dengar SKI itu adalah semacam ekskul keagamaan atau bisa di sebut lembaga dakwah di SMA. Karena menurutku itu sangat cocok untuk aku yang sedang belajar lebih dalam tentang Islam akhirnya aku memutuskan untuk mengikuti ekskul tersebut.
1 minggu sudah aku menjadi siswa SMA, hmmm cukup menyenangkan, karena dapat teman baru, pengalaman baru, dan masih banyak lagi. Tiba-tiba hpku berdering, ternyata ada sms dari nomor tidak di kenal
“assalamu alaykum, dek besok bagi yang ikut SKI kumpul di masjid ya sepulang sekolah.. (Salis)” ternyata itu dari kakak pengurus SKI. Aku segera membalasnya
“wa’alaykum salam, iya mbak”
Besoknya setelah pulang sekolah aku dan teman-teman sekelasku yang ikut SKI yaitu Hana, Zahra dan Lala pergi ke masjid. Ternyata di masjid sudah ada anak-anak dari kelas lain. Kami pun lalu berkenalan, mereka semua sangat ramah dan baik. Setelah acara kumpulan selesai kami pun segera pulang. Kami diberi tau bahwa kami setiap hari jum’at kumpulan untuk liqo’, katanya sih semacam sharing-sharing gitu. Sepertinya saat aku melihat kakak-kakak SKI itu wajahnya teduh-teduh, ramah, baik dan menurut kabar sih kebanyakan dari mereka adalah anak-anak yang berprestasi. Wah jadi tambah semangat ikut SKI.
Waktu terasa begitu cepat berlalu. Tak terasa 3 bulan sudah aku bersekolah di SMA ini. Hmmm, sebentar lagi bulan Ramadhan akan datang, dan aku sebagai salah satu anggota lembaga dakwah sekolah yang baru, disibukkan dengan segudang agenda yang akan dilaksanakan di bulan Ramadhan, sebenarnya pengurus yang sebenarnya adalah kakak-kakak kelas 2, tapi itung-itung buat belajar jadi yang kelas 1 juga di ikut sertakan. Selama mengikuti SKI ini, aku menemukan hal-hal baru yang belum pernah aku ketahui sebelumnya. Contohnya saja hukum tentang pacaran. Awalnya aku menganggap pacaran itu adalah hal yang lumrah dan wajar di kalangan remaja, tapi ternyata tidak dalam pandangan islam. Ternyata di dalam islam tidak ada yang namanya pacaran. Di dalam islam itu mengharamkan seorang perempuan dan laki-laki berdua-duaan, karena bisa-bisa menjerumus ke dalam zina. Sebelumya sama sekali aku tidak mengetahui tentang hal itu, tapi setelah aku pikir-pikir memang benar, pacaran itu hanya kebahagiaan sekilas saja, awalnya saja bahagia tapi nanti kalau sudah putus jadi deh musuhan. Hmmm, seperti yang aku rasakan sekarang, menginjak 2 bulan aku pacaran dengan iqbal aku merasa dia sudah benar-benar berubah, dia tidak seperhatian dulu, tidak semanis dulu, hmmm, yang ada setiap hari aku berantem dengan dia, ada aja yang bikin kita berdua selalu betengkar. Akhirnya setelah berminggu-minggu kami berdua terus bertengkar aku memutuskan dia, tepatnya 2 hari setelah Lebaran. Kami putus dengan cara tidak baik-baik, di antara kami berdua saling menyimpan kekecewaan. Tapi disaat itulah aku menemukan cahaya Islam yang mulai menerangi hati dan jiwaku, sejak itu aku mulai lebih rajin untuk beribadah. Seperti sholat, mengaji, bahkan aku kini menjadi salah seorang guru ngaji di TPA yang dikelola oleh kakekku. Kini sedikit demi sedikit seiring kesibukanku aku mulai bisa memaafkan iqbal dengan ikhlas, dan aku juga sudah bisa menganggap dia seperti temanku yang lain. Tapi entah dengan dia, yang pasti aku tidak mau lagi mengingat tentang masa laluku dengan dia.
2 minggu lagi ujian kenaikan kelas akan segera tiba. Kamipun mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, selain dipusingkan dengan ulangan, kami kelas satu juga dipusingkan dengan program apa yang harus kami pilih nanti. Di IPA atau IPS. Aku pun sudah mantap dengan pilihan yang aku tentukan, yaitu IPS. Setelah ujian usai kini saatnya menikmati liburan. Seperti biasa, setiap pagi kami sekeluarga selalu jalan-jalan pagi. Tiba-tiba hpku bergetar, dan tandanya ada pesan masuk. Setelah aku lihat ternyata itu adalah nomor baru.
“maaf, ini Bu Titik. Nisa nilai kamu masuk kriteria jurusan IPA, tapi bagaimana dengan pilihan IPS kamu?” aku kaget sekali melihat isi pesan itu. di satu sisi aku senang karena nilaiku bagus, tapi sisi lain aku bingung aku harus bagaimana. Sebenarnya aku memilih program IPS itu karena aku takut nilaiku tidak masuk dalam IPA. Lalu aku segera bertanya kepada ayah dan ibuku, ternyata mereka menyarankan aku untuk masuk IPA saja, lalu aku membalas sms wali kelasku.
“iya bu, saya pilih IPA saja” huh, akhirnya aku jadi anak IPA, hehhehee
Liburan pun usai, kini saatnya kami bergelut kembali dengan pelajaran. Di kelas 2 aku mempunyai teman-teman baru lagi. Mereka semua baik dan ramah-ramah. Tak terasa kini ekskul-ekskul telah pinadah jabatan, dan aku juga kini sudah menjadi anggota tetap ekskul SKI. Kenapa aku memilih SKI? Karena disinilah aku menemukan kenyamanan, kebahagiaan, dan kedamaian yang tidak aku peroleh dari ekskul yang lain. Kami sebagai pengurus baru segera menyusun program-program kerja untuk satu tahun ke depan. Untuk pembukaan kami membuat acara semacam training motivation untuk siswa baru yang diterima di sekolah ini, dan ini juga salah satu cara kami untuk menjaring anggota-anggota baru.
Selama satu tahun mengemban jabatan kami telah melalui suka dan duka bersama-sama. Dari mulai nunggu yang ikhwan (laki-laki) untuk rapat, pulang sore bareng, kehujanan bareng, seneng-seneng bareng, sedih bareng. Hmmmm, dan kini kami harus melepas jabatan itu. Berat rasanya harus meninggalkan SKI yang telah memberikanku pencerahan, dan mungkin dari SKI inilah Allah memberiku hidayah agar aku sadar dan bisa merasakan nikmatnya iman dan indahnya Islam. Ingin rasanya aku mengulang waktu ketika masih kelas 2, dan menjabat sebagai pengurus SKI. Tapi waktu terus berjalan tanpa ada yang mampu menghentikan, kini aku dan teman-teman satu angkatan harus berjuang untuk mengahadapi ujian nasional yang akan menentukan kami lulus atau tidak setelah belajar selama 3 tahun ini. Tapi walaupun kami sudah purna dari jabatan SKI kami tetap liqo’ setiap jum’atnya. Dan kini aku mempunyai prinsip “jika hari ini lebih buruk dari kemarin itu namanya rugi besar, jika hari ini sama dengan kemarin itu juga rugi, dan jika hari ini lebih baik dari kemarin itu baru namanya beruntung” itulah prinsip yang aku pegang untuk selalu menjadikan diriku lebih baik lagi. Dan untuk urusan laki-laki, udah ke laut aja sana. Karena aku percaya Allah telah menuliskan nama jodohku dengan rapi di lauhul mahfudz sana, aku juga percaya dengan janji Allah dalam firmannya “perempuan yang baik itu akan mendapatkan laki-laki yang baik pula, dan begitupun sebaliknya perempuan yang buruk akan mendapatkan laki-laki yang buruk pula” oleh karena itulah aku selalu belajar untuk menjadi lebih baik. Kalau ingin mempunyai suami seperti sayidina Ali maka kita juga harus seperti Fatimah. Bener kan?
“asslamu alaykum, hayooo. Lagi ngelamunin apa?” tiba-tiba teman-temanku datang dan membuyarkan lamunanku.
“masya Allah, kalian ini mengagetkan saja!” kataku dengan pura-pura marah
“hmmm, siapa suruh siang-siang ngelamun sendiri di masjid, hari jum’at lagi…”
“hih kalian ini!”
“eh, udah-udah mbak novi sudah datang, sana ambil Al Qur,an…”
Kami pun segera menuju tempat biasa untuk liqo’, semoga kebahagiaan seperti ini tidak pernah pudar dan semakin bertambah. Dan juga semoga kami tetap istiqomah untuk tetap berjuang di jalan-Nya. Karena Allah telah berjanji dalam surat Muhammda ayat 7: “barang siapa menolong agama Allah, maka Allah akan menolong dia pula” aamiin…

Cerpen Karangan: Nadiyalut Fita
Facebook: Nadia Lutfita

Saturday, June 21, 2014

Keutamaan Surat Ar Rahman


Keutamaan Surat Ar Rahman - Bismillahirrahmanirrahim… Assalamualaikum teman teman semua. Apa kabar? Semoga sehat wal'afiat dan selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin Ya Rabbal Alamin... Saya akan sedikit berbagi artikel tentang Keutamaan Surat Ar Rahman. Surah Ar-Rahman adalah surah ke-55 dalam al-Qur'an. Surah ini tergolong surat makkiyah, terdiri atas 78 ayat. Dinamakan Ar-Rahmaan yang berarti Yang Maha Pemurah berasal dari kata Ar-Rahman yang terdapat pada ayat pertama surah ini. Ar-Rahman adalah salah satu dari nama-nama Allah. Sebagian besar dari surah ini menerangkan kepemurahan Allah. kepada hamba-hamba-Nya, yaitu dengan memberikan nikmat-nikmat yang tidak terhingga baik di dunia maupun di akhirat nanti.

Surat Ar Rahman adalah salah satu surat dari 114 surat dalam Al Qur'an. Entah mengapa, tanpa mengesampingkan surat lain dalam Al Qur'an, surat ini menyita perhatian saya. Surat ini memiliki kata yang begitu indah dan mengalir berirama. Dan tanpa terasa air mata menetes, satu ,demi satu

Ciri khas surah ini adalah kalimat berulang 31 kali Fa-biayyi alaa'i Rabbi kuma tukadzdzi ban (Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?) yang terletak di akhir setiap ayat yang menjelaskan nikmat Allah yang diberikan kepada manusia.


FABIAYYI ALAA 'IRAABIKUMAA TUKADZDZIBAANN (maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan). Tiga puluh ayat dalam surat Ar Rahman memiliki kalimat ini; maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan? Berulang, Allah memberi peringatan kepada kita; maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?

Melalui surat ini Allah seolah memberi sinyal kepada kita akan sifat kita yang pelupa, kufur nikmat, dan tidak mau berfikir. Ya, tiga hal itu yang ada dibenak saya (semoga Allah mengampuni kesalahanku) ketika ayat demi ayat dibaca.

PELUPA; manusia adalah mahluk yang pelupa

Manusia dalam Al Qur'an di tulis dalam beberapa istilah, yakni al-insaan, an-naas, al-basyar, dan banii Aadam. Manusia disebut al-insaan karena dia sering menjadi pelupa sehingga diperlukan teguran dan peringatan. Sedangkan kata an-naas digunakan untuk menunjukan sekelompok manusia baik dalam arti jenis atau sekelompok tertentu. Al-basyar, karena manusia cenderung perasa dan emosional, dan banii Aadam karena dia menunjukkan pada asal-usul yang bermula dari nabi Adam.


setidaknya ada dua hal yang seringkali dengan mudah dilupakan manusia, dan barulah dia teringat dan menyadari apa yang telah dilupakan itu, ketika berada dalam kondisi sulit, susah dan membahayakan.
Pertama, manusia dengan mudah dan gampang melupakan Allah swt. dan baru ingat kembali kepada-Nya, ketika manusia menghadapi kondisi sulit, susah dan membahayakan. Begitulah yang disebutkan Allah dalam surat Yunus [10]: 12

Artinya: “Dan apabila manusia ditimpa bahaya dia berdo`a kepada Kami dalam keadaan berbaring, duduk atau berdiri, tetapi setelah Kami hilangkan bahaya itu daripadanya, dia (kembali) melalui (jalannya yang sesat), seolah-olah dia tidak pernah berdo`a kepada Kami untuk (menghilangkan) bahaya yang telah menimpanya. Begitulah orang-orang yang melampaui batas itu memandang baik apa yang selalu mereka kerjakan.”

Begitu juga dalam surat Fushshilat [41]: 50

Artinya: “Dan jika Kami merasakan kepadanya sesuatu rahmat dari Kami sesudah dia ditimpa kesusahan, pastilah dia berkata: "Ini adalah hakku, dan aku tidak yakin bahwa hari kiamat itu akan datang…”

Kita adalah mahluk pelupa, dan Allah mengingatkan kita berulang-ulang ... maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?

KUFUR NIKMAT

Disetiap tarikan nafas yang kita hirup, disetiap bergantinya siang malam, di setiap detak jantung, ada nikmat Allah yang kita sering lupakan. Ya, nikmat Allah yang sering lupa untuk kita syukuri. Dan ketika musibah (baca:ujian) diberikan pada kita, kita juga lupa bahwa itu sebagian nikmat yang Allah beri. Lalu kitapun hanya bisa mencaci maki, mengupat, bahkan merasa Allah tidak adil. Masya Allah...


di bumi itu ada buah-buahan dan pohon kurma yang mempunyai kelopak mayang.
QS. ar-Rahman (55) : 11


Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya.
QS. ar-Rahman (55) : 12


Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
QS. ar-Rahman (55) : 13

Bentuk rasa syukur seharusnya menambah keimanan kita; mematuhi segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya. Beribadah kepada Allah, dan menjauhkan diri dari maksiat. Celakalah orang yang kufur nikmat, dan berbahagialah orang yang bisa mensyukuri nikmat. Karena ketika ia bersyukur, Allah menambahkan nikmat-Nya.

"la in syakartum laa adziidanakum wa la'in kafartum inna azabi lasyadid"

artinya "sesungguhnya jika (kamu) bersyukur pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu. Dan jika kamu mengingkari (nikmat-KU) maka sesungguhnya azab-KU akan sangat pedih". (QS. Ibrahim ayat 7)

maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?


BERFIKIR

Melalui surat ini Allah hendak memancing manusia agar berpikir tentang segala nikmat yang telah Allah berikan kepada manusia.


Dia membiarkan dua lautan mengalir yang keduanya kemudian bertemu,
QS. ar-Rahman (55) : 19

antara keduanya ada batas yang tidak dilampaui oleh masing-masing.
QS. ar-Rahman (55) : 20

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?
QS. ar-Rahman (55) : 21


Pernahkan kita berfikir? Mungkin, kebanyakan kita hanya mengikuti apa yang sudah diwariskan oleh orang-orang tua kita. Dan agama yang Islam yang kita pegang pun hanyalah "warisan" yang kita teruskan. Tanpa kita mau berfikir, untuk merenung lebih dalam dan menambah keimanan kita.

"Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu, penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan (merenungkan) ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran" (QS. Shaad, 38: 29).

Dalam Al-Qur'an, Allah menyebutkan tentang mereka yang berpikir secara sadar, kemudian merenung dan pada akhirnya sampai kepada kebenaran yang menjadikan mereka takut kepada Allah. Sebaliknya, Allah juga menyatakan bahwa orang-orang yang mengikuti para pendahulu mereka secara taklid buta tanpa berpikir, ataupun hanya sekedar mengikuti kebiasaan yang ada, berada dalam kekeliruan. Ketika ditanya, para pengekor yang tidak mau berpikir tersebut akan menjawab bahwa mereka adalah orang-orang yang menjalankan agama dan beriman kepada Allah. Tetapi karena tidak berpikir, mereka sekedar melakukan ibadah dan aktifitas hidup tanpa disertai rasa takut kepada Allah.

maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?


Keutamaan Surat Ar Rahman

1. Rasulullah  bersabda: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhai nikmat yang dikaruniakan padanya.” (Tafsir Nur Ats-Tsaqalayn 5/187).

2. Imam Ja’far Ash-shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang membaca surat Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat ‘Fabiayyi âlâi Rabbikumâ tukadzdzibân’, ia mengucapkan: Lâ bisyay-in min âlâika Rabbî akdzibu (tidak ada satu pun nikmat-Mu, duhai Tuhanku, yang aku dustakan), jika saat membacanya itu pada malam hari kemudian ia mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid; jika membacanya di siang hari kemudian mati, maka matinya seperti matinya orang yang syahid.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).

3. Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Jangan tinggalkan membaca surat Ar-Rahman, bangunlah malam bersamanya, surat ini tidak menentramkan hati orang-orang munafik, kamu akan menjumpai Tuhannya bersamanya pada hari kiamat, wujudnya seperti wujud manusia yang paling indah, dan baunya paling harum. Pada hari kiamat tidak ada seorangpun yang berdiri di hadapan Allah yang lebih dekat dengan-Nya daripadanya.

Pada saat itu Allah berfirman padanya: Siapakah orang yang sering bangun malam bersamamu saat di dunia dan tekun membacamu. Ia menjawab: Ya Rabbi, fulan bin fulan, lalu wajah mereka menjadi putih, dan ia berkata kepada mereka: Berilah syafaat orang-orang yang mencintai kalian, kemudian mereka memberi syafaat sampai yang terakhir dan tidak ada seorang pun yang tertinggal dari orang-orang yang berhak menerima syafaat mereka. Lalu ia berkata kepada mereka: Masuklah kalian ke surga, dan tinggallah di dalamnya sebagaimana yang kalian inginkan.” (Tsawabul A’mal, hlm 117).



maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?

Malam lepas Isya' ku buka Al Qur'an dan kubaca surat Ar Rahman. Tanpa terasa, air mataku menetes. Satu ,,, demi satu ,,,,

maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?



Nah begitulah keutamaan surat Ar Rahman. Sekian artikel yang saya buat. Semoga bermanfaat bagi teman teman semua.

Monday, June 9, 2014

Pengertian Kromosom Dan Gen

Pada saat Mendel mempublikasikan hasil penelitiannya, konsep sel sebagai unit dasar hidup telah berumur kurang-lebih 30 tahun. Namun saat itu, elemen-elemen struktural sel baru dalam proses penelitian intensif sejalan dengan dikembangkannya mikroskop dan sistem pewarna sel. Rekaan pertama hasil studi ini adalah bahwa sel terdiri dari dua domain yang terpisah dengan jelas: bagian inti (nukleus) dan bagian pinggiran (sitoplasma). Keduanya dipisahkan oleh selaput inti. 

Ditemukan selanjutnya bahwa pada bagian inti ada dua bagian yang secara morfologi dapat dibedakan, yaitu daerah butiran (kromatin) yang berwarna lebih kuat jika di warnai dengan pewarna tertentu, dan bagian inti nukleus (nucleolus) yang warnanya tidak serupa dengan kromatin. Sitoplasma sendiri terdiri dari beberapa organela seperti sentriola dan vakuola.

Studi-studi embriologi menunjukan bahwa sel-sel penyusun tubuh organisme tingkat tinggi berasal dari suatu seri pembelahan sel yang diawali oleh sel telur yang dibuahi (diktum Rudolf Virchow, tahun 1850-an). Dari studi-studi sitologi sel kelamin jantan dan sel kelamin betina, ditemukan bahwa walaupun ukuran sel telur sangat besar, namun baik sel kelamin jantan dan sel kelamin betina memiliki inti sel dengan ukuran yang sama, dan kedua-duanya memberi sumbangan hereditas yang sama.
Dikarenakan kesamaan sumbangan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina kepada pewarisan sifat, dan ketidakseimbangan kontribusi daerah sitoplasma, maka diduga inti sel dan bukan sitoplasma sebagai tempat bersemayannya pewarisan sifat seluler.
Pada saat Mendel meninggal tahun 1884, telah diketahui bahwa kromatin inti sel terdiri dari partikel-partikel yang membentuk benang-benang dengan jumlah tertentu, atau kromosom, dan yang sangat penting adalah bahwa inti sel jantan dan inti sel betina menyumbangkan kromosom dalam jumlah yang sama kepada telur yang dibuahi. Setelah pembelahan sel telur, setiap anggota dari satuan ganda kromosom ini nampak terbelah secara longitudinal dan dipilah ke dalam dua sel turunan (daughter cells) melalui suatu proses yang dinamakan mitosis. Melalui proses ini, setiap sel memperoleh kedua set ganda kromosom dari sel telur yang dibuahi.
Analisis mikroskopik sel-sel ovarium dan testis binatang dewasa yang aktif membela tersingkap bahwa ada proses lain dari pemilahan kromosom. Pada sel-sel ini, jumlah kromosom per tubuh sel menjadi setengah, sehingga inti sel dari sel telur dan sel sperma mengandung satu set tunggal kromosom yang dimiliki oleh telur dan sperma dari bapak dan ibu. Proses-proses tersebut disebut meiosis.
Wilhelm Roux (1880-an) berpendapat bahwa sangat sulit membayangkan jika mitosis dan meiosis hadir tanpa maksud yang baik. Proses meiosis dan mitosis ada karena kromosom adalah penyusun bahan hereditas, demikian argumentasinya. Tanpa sadar atas penemuan Mendel, ia mengajukan postulat bahwa unit-unit hereditas diatur secara linier dalam benang-benang kromosom.
Pemikiran Roux’s langsung di sambar oleh August Weismann dan mengembangkannya ke dalam teori yang lebih sempurna mengenai hereditas dan perkembangan. Ia mengemukakan bahwa pada organisme multiseluler yang berbiak secara seksual, jumlah satuan-satuan hereditas diparuh pada saat pembentukan sel telur betina dan sperma atau tepungsari (sel-sel germ). Jumlah awal satuan-satuan hereditas kemudian dipulihkan saat penggabungan inti sel telur betina dan jantan dalam proses pembuahan yang menghasilkan individu baru. Bahan hereditas individu baru ini setengahnya berasal dari sang ibu dan setengahnya lagi dari sang ayah.
Sayangnya Weissmann gegabah dengan mengatakan bahwa setiap kromosom dalam inti sel membawa semua informasi untuk memproduksi satu individu tunggal. Hal ini tidak sesuai kenyataan bahwa tanaman kapri memiliki 14 kromosom, dan tidak cocok dengan inferensi Mendel (yang saat itu belum diketahui) bahwa tanaman kapri memiliki dua, dan bukan empat belas, kopy dari setiap satuan hereditasnya. Teori Weissman menjadi sangat dikenal saat itu, dan mendorong studi-studi pemuliaan kuantitatif seperti yang telah dibuat Mendel 35 tahun sebelumnya.
Salah satu pendukung utama Teori Weissman adalah Hugo de Vries. Walaupun de Vries menolak beberapa pandangan teori ini, ia melengkapinya dengan mengatakan bahwa setiap satuan-satuan hereditas yang dipostulatkan mengendalikan karakter tunggal, dan unit-unit ini dapat di kombinasikan dengan berbagai cara pada turunannya. Untuk menguji dugaan ini, dia melakukan percobaan seperti yang dilakukan oleh Mendel, dengan kesimpulan yang sama seperti yang diperoleh Mendel. Percobaan dan kesimpulan yang sama pada waktu yang hampir bersamaan (dua bulan dilaporkan lebih awal) juga dilakukan oleh Carl Correns (Januari 1900)
Ditemukannya kembali tulisan-tulisan Mendel melahirkan kegemparan yang luar biasa di kalangan ilmuan karena hukum-hukum yang dideduksi dari percobaan-percobaannya kemudian dapat dipahami dalam pengertian perilaku kromosom dalam mitosis dan meiosis, yaitu bahwa setiap kromosom membawa hanya sebagian dari semua satuan hereditas yang penting untuk memproduksi individu sempurna, sehingga keseluruhan unit kromosom yang ada dalam sel germ mencakup hanya satu jiplakan (copy) dari setiap unit. Sel yang membawa unit kromosom tunggal ini disebut dalam keadaan haploid. Sehingga, individu yang berasal dari telur yang dibuahi mengandung sepasang satuan hereditas homologi, yaitu yang berasal dari bapak dan ibu. Sel yang membawa satuan kromosom ganda dikatakan dalam keadaan diploid.
Di saat terjadi reduksi dalam meiosis dari dua kromosom dalam sel-sel diploid menjadi masing-masing unit tunggal, maka individu memberikan satu jiplakan tunggal dari setiap satuan hereditas ke sel-sel germ haploid yang dengannya ia memperanakan turunannya.
Terjelaskannya faktor Mendel dalam perilaku mitosis dan meiosis melahirkan dorongan yang luar biasa untuk melakukan studi-studi genetika. Istilah-istilah baru kemudian muncul. Yang muncul pertama kali adalah disiplin itu sendiri diberi nama genetika (genetics), dan unit bawaan dasar Mendel disebut gen (gene). Dua gen homologi mewakili dua bentuk alternatif disebut allelomorf (allelomorphs) yang kemudian disingkat allela (alleles). Individu yang berkembang dari telur yang dibuahi disebut zigot (zygote), individu homozigot (homozygote) yaitu individu yang membawa sepasang allela identik, dan sebaliknya heterozigot (heterozygote) bagi individu yang membawa sepasang allela yang berbeda dari gen tertentu. Jumlah keseluruhan gen yang ada dalam satu individu, dengan kata lain seluruh kromosom disebut genom (genome).
Di tahun 1901 de Vries mengajukan proposal bahwa alella-allela berbeda dari gen yang sama muncul melalui perubahan tidak kontinu dan sekonyong-konyong, suatu proses yang dinamainya mutasi (mutation). Dengan ide mutasi, berkembang selanjutnya mutasi gen sebagai sumber keragaman genetis. Konsep-konsep yang diturunkan dari hukum Mendel kemudian diperluas pada berbagai organisme yang lain.
Impetus baru penelitian genetika diperoleh pada tahun 1910 sewaktu Thomas H. Morgan dan kelompoknya di Universitas Columbia melakukan penelitian genetika pada lalat buah anggur (vinegar fly; Drosophila) untuk menjawab satu dari persoalan genetis dan filosofis saat itu yaitu “apa yang menentukan sel telur yang telah dibuahi menjadi jantan atau betina?
Melalui studi morfologi kromosom, Morgan dan kawan-kawan membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang sangat nyata dalam perangkat kromosom jantan dan betina. Pada sel diploid betina terdapat 4 pasang kromosom homologi; pada sel diploid jantan hanya terdapat tiga pasang, dua kromosom sisanya nampaknya tidak sepadan, yang satu berukuran besar dan yang lain berukuran kecil. Kedua kromosom berbeda itu disebut X dan Y.
Membandingkan dengan pasangan-pasangan yang ada pada betina, disimpulkan bahwa sang betina membawa dua kromosom X dan tidak memiliki kromosom Y. Dengan demikian, jika individu membawa sepasang kromosom XX maka individunya adalah betina, dan individu dengan kromosom XY adalah jantan. Baik kromosom X dan Y kemudian dinamai Kromosom Seks. Hal ini kemudian menjadi jelas bahwa seks diturunkan sesuai dengan gen-gen Mendelian yang sederhana dimana X/X homosigot adalah betina, dan X/Y heterosigot adalah jantan.
Dengan demikian, semua telur haploid dari betina yang di hasilkan oleh meiosis membawa satu kromosom X, sebaliknya sperma haploid yang dihasilkan meiosis dalam testis jantan, setengahnya membawa kromosom X dan setengahnya lagi membawa kromosom Y. Dengan demikian, pembuahan sel telur oleh sperma pembawa kromosom X akan menghasilkan zigot betina, dan sebaliknya pembuahan sel telur oleh sperma pembawa kromosom Y akan menghasilkan zigot jantan.
Impetus kedua berasal dari T.H Morgan dan kelompoknya. Mereka menemukan 85 bentuk mutan yang menyimpang dari tipe normal (wild type), seperti bentuk sayap, warna tubuh, warna mata, bentuk bristel, dan ukuran mata. Mutan-mutan tersebut disebabkan oleh mutasi spontan tunggal yang jarang.
Tersedianya mutan-mutan tersebut di laboratorium memungkinkan percobaan kawin silang dirancang guna mendalami mekanisme pewarisan sifat. Hasil persilangan antara lalat bermutan dua gen (yang letaknya di dua kromosom yang berbeda) dengan lalat pembawa allela normal, meneguhkan temuan Mendel bahwa karakter resesif menghilang pada generasi pertama dan muncul kembali dalam rekombinasi acak di antara turunan kedua setelah kawin sendiri.
Apabila kawin silang dilakukan untuk dua karakter yang berada pada kromosom yang sama, maka kedua allela tersebut cenderung muncul di antara rekombinasi turunan kedua dalam kombinasi yang sama. Temuan ini melahirkan pemahaman bahwa gen-gen yang berpaut demikian (linked genes) membentuk satu kesatuan struktur genetis, sehingga mereka harus bergerak bersama-sama dalam segregasi kromosom diploid selama meiosis.
Namun demikian, walaupun kedua karakter itu terpaut dalam satu kromosom, beberapa rekombinasi juga berlangsung antara gen dalam kromosom yang sama. Dalam hal ini, pada turunan kedua terdapat lalat yang membawa pada kromosom yang sama satu gen yang allela-nya disuplai oleh induk yang satu dan gen yang lain allelanya disuplai oleh induk yang lain. Morgan menafsirkan hasil ini dalam pengertian terjadinya pindah silang (crossing over) kromosom-kromosom homologi.
Basis sitogetika pindah silang sebelumnya telah ditunjukkan oleh F.A. Janssens dalam pembelahan sel meiosis. Pada tahapan tertentu dalam meiosis, setiap pasang kromosom homologi dari sel diploid membentuk penjajaran titik-demi-titik (point-by-point alignment) atau disebut juga sinapsis (synapsis). Dalam sinapsis terjadi pelukaan ditempat-tempat persentuhan antar dua kromosom homologi yang berpasangan, yang dilanjutkan dengan pertukaran potongan dari masing-masing kromosom yang berpasangan. Jadilah dua kromosom rekombinan.
Dikarenakan probabilitas membuat suatu pelukaan dan penggabungan kembali bersifat tetap untuk setiap satuan panjang kromosom yang bersinapsis maka semakin dekat jarak antara dua gen pada kromosom yang sama semakin kecil kemungkinan kejadian pindah-silang antara keduanya, sehingga semakin kecil rekombinasi antara alela-alelanya. Hal ini memungkinkan dilakukannya pembuatan peta posisi gen mutan pada kromosom lalat buah.
Dengan melakukan perhitungan frekuensi segregasi gen-gen yang berpaut di antara turunannya (offspring) dari sejumlah besar mutan, Morgan dan kawan-kawan dapat membangun peta genetika gen-gen mutan pada ke empat kromosom Drosophila.
Penemuan-penemuan T. H Morgan dan para ahli genetika lain memantapkan pemahaman gen sebagi suatu faktor yang berlokasi dalam tempat tertentu dalam kromosom, yang kemudian menjadi dasar-dasar penting dari apa yang disebut dengan genetika klasik. Namun demikian, dalam genetika klasik, gen masih dipahami sebagai suatu konsep yang abstrak dan tidak dapat dipecah-pecah menjadi serpihan-serpihan material. Pemahaman gen sebagai sesuatu yang bersarang dalam struktur-struktur materi dikenal kemudian setelah penelitian mengenai perilaku kromosom dan penelitian mutasi dikembangkan.


Mengomentari pemahaman saat itu tentang teori genetika H. J. Muller, seorang ahli genetika terkenal dan penerima hadial Nobel, dalam pesta mengenang 50 tahun ditemukannya kembali hasil kerja Mendel mengatakan: “Inti riil teori genetika masih nampak berada pada ketidaktahuan yang dalam. Yaitu bahwa kita masih belum memiliki pengetahuan yang aktual dari mekanisme dibalik sifat-sifat unik yang membuat suatu gen adalah gen –yaitu kemampuannya menyebabkan sintesis struktur yang lain seperti dirinya sendiri, dimana bentuk mutasinyapun ikut di-copy.

Cara Ampuh 100% Memutihkan Wajah


Cara Ampuh 100% Memutihkan Wajah - Masker dari alpukat ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki wajah yang kering. Anda membutuhkan tambahan sedikit madu untuk hasil yang lebih baik. Langkah-langkah membuat masker dari alpukat:
  1. Lumatkan isi 1 buah alpukat
  2. Beri tambahan 1-2 sdm madu
  3. Cuci muka Anda
  4. Letakkan secara merata pada wajah Anda, termasuk leher
  5. Diamkan sekitar 20 menit hingga masker mengering
  6. Bersihkan wajah Anda dari alpukat
  7. Bilas wajah
alpukat
Seperti yang kita ketahui, bengkoang dipakai sebagai campuran bahan pemutih alami oleh beberapa produsen pemutih kulit dan wajah, Citra salah satunya. Langkah-langkah menggunakan masker bengkoang:
  1. Parut 1 buah bengkoang yang sudah dikupas
  2. Cuci muka
  3. Letakkan secara merata pada wajah Anda, termasuk leher
  4. Diamkan sekitar 20 menit hingga masker mengering
  5. Bersihkan wajah Anda dari bengkoang
  6. Bilas wajah
Note: sisa bengkoang yang sudah diparut bisa disimpan di kulkas. Lakukan 1-2 kali per minggu.
bengkoang
Susu dan yoghurt efektif dalam menghilangkan noda hitam. Makanya, masker susu dan yoghurt ini penting supaya wajah putih kita bebas dari noda-noda hitam. Langkah-langkah menggunakan masker susu/yoghurt:
  1. Tuang susu/yoghurt ke dalam mangkok
  2. Oleskan di atas muka yang sudah dicuci pelan-pelan
  3. Letakkan secara merata pada wajah Anda, termasuk leher
  4. Diamkan sekitar 20 menit hingga masker mengering
  5. Bersihkan wajah Anda dari susu/yoghurt
  6. Bilas wajah
Note: Untuk melakukannya, Anda perlu bantuan dari 1 orang lain. Lakukan 1-2 kali per minggu.
yoghurt